Menjaga Kesehatan Lambung dengan tips berikut ini

Lambung adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh, khususnya bagi sistem pencernaan. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh akan disimpan dan dicerna oleh lambung. Sayangnya beberapa kebiasaan yang kita anggap sepele, ternyata berpotensi untuk merusak lambung.

Lalu, apa saja cara dan tips menjaga kesehatan lambung?

Mengapa Menjaga Kesehatan Lambung Penting?

Menjaga kesehatan lambung tentunya menjadi hal yang sangat penting karena lambung juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam sistem pencernaan. Tugas dari lambung antara lain adalah untuk menyimpan makanan, mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi, membunuh mikroorganisme berbahaya, menyerap nutrisi, hingga mengontrol hormon.

Jika kesehatan lambung terganggu, tentunya lambung tidak akan dapat menajalankan fungsinya dengan baik. Fungsi sistem pencernaan secara keseluruhan juga dapat terganggu dan dapat memicu berbagai gangguan organ sistem pencernaan lainnya.

Beberapa jenis gangguan lambung yang banyak mengintai adalah seperti penyakit asam lambung atau GERD, maag, dispepsia, tukak lambung, hingga kanker lambung. Agar dapat terhindar dari berbagai gangguang tersebut, Anda bisa menerapkan berbagai tips menjaga kesehatan lambung yang akan dijelaskan selanjutnya.

Tips Menjaga Kesehatan Lambung yang Paling Efektif

Kunci dari menjaga kesehatan lambung bukan hanya berasal dari makanan saja, tapi juga dari berbagai kebiasaan sehari-hari yang tidak terlalu kita sadari. Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda terapkan dengan mudah :

1. Jaga asupan makanan

Tips menjaga kesehatan lambung yang pertama adalah dengan memerhatikan asupan makanan yang Anda makan. Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari jika Anda menginginkan lambung yang sehat, contohnya seperti makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, dan memiliki kandungan lemak jahat.

Anda juga harus memastikan asupan serat yang cukup dalam makanan Anda. Baik serat larut dan tidak larut harus dipenuhi asupannya untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Kedua jenis serat ini membantu sistem pencernaan dengan cara yang berbeda.

2. Kunyah makananan dengan benar

Mengunyah makanan dengan benar sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan demi lancarnya sistem pencernaan. Jika tidak dikunyah dengan benar, lambung harus bekerja lebih keras untuk menghancurkan makanan.

Proses mengunyah yang cukup juga dapat membantu meningkatkan enzim yang bekerja pada awal proses pencernaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar proses mengunyah bisa berjalan dengan baik adalah dengan cara tidak makan dengan terburu-buru dan fokus pada kegiatan makan (tidak makan sambil mengerjakan hal lain).

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih yang cukup bertujuan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Perlu diketahui juga bahwa kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda, tergantung aktivitas yang dilakukannya.

Kebutuhan rata-rata air putih per hari adalah 8 gelas, tapi beberapa orang mungkin memerlukan lebih dari jumlah tersebut. Kondisi tubuh seperti sembelit atau infeksi saluran kemih dapat menjadi salah satu tanda Anda belum mencukupi kebutuhan air putih harian.

4. Makan tepat waktu

Selain memerhatikan apa yang Anda makan, waktu makan juga menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan lambung. Menjaga jam makan yang sama setiap harinya dengan konsisten dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan lebih baik.

Bukan hanya jam sarapan, makan siang, dan makan malam saja yang harus konsisten, tapi juga jam untuk camilan. Hindari ngemil terlalu sering dan di sembarang waktu. Selain itu, sebaiknya hindari juga kebiasaan makan terlalu malam.

5. Hindari konsumsi kafein

Kandungan kafein mampu memicu produksi asam lambung. Hal ini lah yang membuat minuman seperti kopi harus dihindari oleh penderita asam lambung maupun maag. Demi menjaga kesehatan lambung, sebaiknya batasi konsumsi kafein sehari-hari, meskipun Anda tidak memiliki masalah yang berkaitan dengan asam lambung.

6. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Selain menghindari kafein, menghindari kebiasaan buruk lain seperti konsumsi rokok dan minuman beralkohol juga sangat penting sebagai tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Minuman beralkohol yang dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu iritasi lambung yang akan mengganggu fungsi lambung.

Selain itu, rokok dan minuman beralkohol pada dasarnya memang sangat berpotensi untuk mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu, jika Anda saat ini masih aktif mengonsumsi rokok dan minuman beralkohol, mulailah untuk berhenti demi hidup yang lebih sehat.

7. Konsumsi probiotik

Sudahkah Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan probiotik setiap hari? Konsumsi probiotik untuk meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan agar sistem pencernaan dapat berlajan dengan lebih baik. Probiotik bisa didapatkan melalui makanan dan minuman hasil fermentasi.

Probiotik tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan, tetapi juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

8. Rutin olahraga

Tips menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernan yang berikutnya adalah dengan olahraga rutin. Penderita penyakit asam lambung biasanya merasa kesulitan untuk mencari jenis olahraga yang tepat karena beberapa jenis olahraga dapat dengan cepat meningkatkan asam lambung.

Sebaiknya hindari olahraga dengan intensitas tinggi untuk penderita asam lambung. Olahraga yang direkomendasikan adalah seperti beranang, yoga, atau bersepeda. Sesusaikan juga jumlah olahraga dengan kapasitas tubuh, tidak perlu mamaksakan diri.

9. Manajemen stres

Gangguan lambung dan sistem pencernaan juga bisa disebabkan oleh stres. Oleh sebab itu, menghindari stres sangat penting dilakukan agar sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Temukan kegiatan menyenangkan yang bisa menghindarkan Anda dari stres setiap harinya.

Itu dia sekilas mengenai tips menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Dijamin sistem pencernaan Anda akan jauh lebih sehat jika menerapkan semuanya dengan baik. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *